WARNING

WARNING

Minggu, 21 April 2019

63. PILPRES 2019


















Prabowo Subianto adalah Budak Angon.
Amien Rais adalah Budak Janggotan

Uga Wangsit Siliwangi:
......
Lalu akan ada penguasa, tapi penguasa yang mendirikan benteng yang tidak boleh dibuka, yang mendirikan pintu yang tidak boleh ditutup, membuat pancuran ditengah jalan, memelihara elang dipohon beringin. Memang penguasa buta! Bukan buta pemaksa, tetapi buta tidak melihat, segala penyakit dan penderitaan, penjahat juga pencuri menggerogoti rakyat yang sudah susah.  Sekalinya ada yang berani mengingatkan, yang diburu bukanlah penderitaan itu semua tetapi orang yang mengingatkannya. Semakin maju semakin banyak penguasa yang buta tuli. memerintah sambil menyembah berhala. Lalu anak-anak muda salah pergaulan, aturan hanya menjadi bahan omongan, karena yang membuatnya bukan orang yang mengerti aturan itu sendiri. Wajar saja bila kolam semuanya mengering, pertanian semuanya puso, bulir padi banyak yang diselewengkan, sebab yang berjanjinya banyak tukang bohong, semua diberangus janji-janji belaka, terlalu banyak orang pintar, tapi pintar kebelinger.

Pada saat itu datang pemuda berjanggut, datangnya memakai baju serba hitam sambil menyanding sarung tua. Membangunkan semua yang salah arah, mengingatkan pada yang lupa, tapi tidak dianggap. Karena pintar kebelinger, maunya menang sendiri. Mereka tidak sadar, langit sudah memerah, asap mengepul dari perapian. Alih-alih dianggap, pemuda berjanggut ditangkap dimasukan kepenjara. Lalu mereka mengacak-ngacak tanah orang lain, beralasan mencari musuh tapi sebenarnya mereka sengaja membuat permusuhan.

Waspadalah! sebab mereka nanti akan melarang untuk menceritakan Pajajaran. Sebab takut ketahuan, bahwa mereka yang jadi gara-gara selama ini. Penguasa yang buta, semakin hari semakin berkuasa melebihi kerbau bule, mereka tidak sadar jaman manusia sudah dikuasai oleh kelakuan hewan.

Kekuasaan penguasa buta tidak berlangsung lama, tapi karena sudah kelewatan menyengsarakan rakyat yang sudah berharap agar ada mukjizat datang untuk mereka. Penguasa itu akan menjadi tumbal, tumbal untuk perbuatannya sendiri, kapan waktunya? Nanti, saat munculnya anak gembala! di situ akan banyak huru-hara, yang bermula di satu daerah semakin lama semakin besar meluas di seluruh negara. yang tidak tahu menjadi gila dan ikut-ikutan menyerobot dan bertengkar. Dipimpin oleh pemuda gendut! Sebabnya bertengkar? Memperebutkan tanah. Yang sudah punya ingin lebih, yang berhak meminta bagiannya. Hanya yang sadar pada diam, mereka hanya menonton tapi tetap terbawa-bawa.

Yang bertengkar lalu terdiam dan sadar ternyata mereka memperebutkan pepesan kosong, sebab tanah sudah habis oleh mereka yang punya uang. Para penguasa lalu menyusup, yang bertengkar ketakutan, ketakutan kehilangan negara, lalu mereka mencari anak gembala, yang rumahnya di ujung sungai yang pintunya setinggi batu, yang rimbun oleh pohon handeuleum dan hanjuang. Semua mencari tumbal, tapi pemuda gembala sudah tidak ada, sudah pergi bersama pemuda berjanggut, pergi membuka lahan baru di Lebak Cawéné!

Yang ditemui hanya gagak yang berkoar di dahan mati. Dengarkan! jaman akan berganti lagi, tapi nanti, Setelah Gunung Gede meletus, disusul oleh tujuh gunung. Ribut lagi seluruh bumi. Orang sunda dipanggil-panggil, orang sunda memaafkan. Baik lagi semuanya. Negara bersatu kembali. Nusa jaya lagi, sebab berdiri ratu adil, ratu adil yang sejati.

Tapi ratu siapa? darimana asalnya sang ratu? Nanti juga kalian akan tahu. Sekarang, cari oleh kalian pemuda gembala.

Silahkan pergi, ingat jangan menoleh kebelakang!

20 komentar:

  1. hiruk pikuk suwasana di dalem arena adu untoel mangkin lamah mangkin rame..keduwa kubu terus berusahaha saling melemahkan..para sardjana klenikpun tak mau ketinggalan ikut meramekan dengan memamerkan djurus simpanan "pethek jadi" dalam satu dimensi..namun sang bandar enggan menanggapi..mungkin pikirnya iniy bukan barang serius nyang musti ditanggapiy..ini pyur murni permainan adu strategiy..segala trick kudu dikuasai..

    BalasHapus
  2. tentu sadja bagi nyang hanya poenja trick klas tk ato paud hanya plongah plongoh enggak eruh lalu sibuk nyumpah jerapah iblis dajjal laknat..padahal buatnya sama saja idem dito "gelap" ..dan "kegelapan" pun jadi kambing hitam..agaknya hal intu nyang mendjadi dasar bagi sang bandar menumpukan harapan pada ku..jika terjadi serangan gaib kelas berat setingkat dewa !,,sedang ku sendiri berusahaha tetap pede padahal jujur rasanja geligeli basah meliat ayahndaku tiada tampak sang hyang bathara indra

    BalasHapus
  3. live 3 d
    .
    kini persiapan adu fisik telah dimulaiy..keduwa kubu telah mempersiapkan jurus-jurus simpanannya..sang bandar memberi isyarat kepadaku bahwa pemilik jago dari barat meminta ijin untuk jalan-jalan ke luwar arena..mungkin sangka sang bandar hendak ke africa guna menghimpun ilmu hitam semacam black magic atau voodo lah..sementara pemilik jago dari timur juga minta ijin keluwar arena..isyarat sang bandar padaku katanya hendak berjemur di pulo dewa..mungkin maksudnya hendak menghimpun energi putih ato white magic lah..padahal hingga saat iniy sang pemimpin kahjangan soeralaja misi jua belon b.e.r.g.e.r.a.k ..ketika tak amati dengan jelas malah terliat diam tapiy juga plonga-plongo..

    BalasHapus
  4. live 1 d
    (serial gretongang)
    berbarengan dg intu dari cakrawala langit sebela barat nampak iring-iringan rombongan ebles membawa umbul-umbul bendera lambang kebesaran panci-panci hitam..sang bandar tampak terkejut !..bigimana tidak ?..ebles isa masoek kedalem arena dan jawara ?..belon ilang kagetna tampak kini arak-arakan ebles ntu juga membawa Cis Jaludara !!..wow..sang bandar tambah njondil-njondil !..menghadapi ribuwan orang ia mampu menghajar dengan sekali pukul dg djurus Tapak Budha level 3..tapi berhadapan dg pusaka kahjangan Cis Jaludara ??..ia bener-bener tak kan mampuh menghadapinyah..!

    BalasHapus
  5. wajahna terliat putjat..ia membalikkan badan ..berdiri menghadap ke arahku..keduwa kakina direnggangkan..tangan disilangkan kebawah..kali iniy ia bener-bener membutuhkanku..

    Live 3 d

    Hmmm..sedetik aku berpikir..lalu tanpa sadar aku kibas-kibaskan tanganku seraya menunjuk dadaku..agaknya sang bandar mengerti maksutku..ia mengangguk dg sigap..tampakna ia pertjaja betul padahal aku menjawab sekenanya sahaja..

    BalasHapus
  6. kekhawatiran sang bandar bener molai terbukti..arak-arakan gerombolan si berat mendapet sambutan hangat..kini sisi luwar arenah dan juwara berubah menjadi arena adu juothos..grombolan ebles ato malaikat samah sahaja saleng tendang menendang pukul memukul tak da abisna...oh ya ! para penggemar kesatriya pamingit aseli lho nyang budiman..di dalam kitab babon ratu tanah djawa karya tim ratu brindil dituliskan bahwa boedaja perang bubat isa berlangsoeng berhariy-hariy ..datang bulan-bulanan ..ato malah edan taonan..maka udah barang tentu menjadi penomenah nyang mengasekkan..tentu saja hal ntu juga telah kuperhitungkan dg tjermat en gamblang..hanyah sahaja sebage manusia biyasa kekuwatan kesatriyapun ada batasna..utamanyah bekal kupu n lamah-lamah kiyan menipis abis..satu-satunya tjara bertahan idup hanya dg..tiduuung..

    BalasHapus
  7. agakna menjadi seorang kesatriya tampah tanding gampang-gampang susah..susahna harus nguntet di kerameyan..gampangna berhak dan berkuwasa penuh pegang wewayangan bagaiy dalang kurang iket blangkon..walhasil tidurpun di hoyag-hayig teriakan sang bandar..!..

    BalasHapus
  8. Live

    setelah memukau dengan djurus-djurus andalana kini sang bandar bener-bener tlah menunjukkan eksistensinya sebagai pendekar kesatria kelas sundul langit walau menurutku misi berada pada level skala 5-5,2 lah..

    BalasHapus
  9. agaknya tak puas dengan hasil penilaianku kini sang bandar malah grotal-gratul memamerkan djurus "lunak" Tapak Budha Membelah Bumiy level 7 namun agaknya sang bandar misi kesulitan melepas energi kuanta semesta hingga getarannya hanya terasa kisaran level 3 an sahadja..aku pun pura-pura manggut-manggut sahadja

    BalasHapus
  10. ribuan orang tampak kocar-kacir Ra karuwan ..tanah bergerak-gerak..Bumiy berguncang.. pohon-pohon bertumbangan..bukit tempatku duduk nyantai sinambi leyeh-leyeh pun tak luput ikut djuga bergoyang keras !...kembali aku pun pura-pura berekspresi terkejut ...sang bandar pun terlihat sangat puas memamerkan djurus silat nyang pernah kuadjarkan puluhan taon nyang silam..

    BalasHapus
  11. namun tak berapa lama sang bandar terlihat panik..wadjahna terlihat putjat !..sesuatu hal telah terjadi di luar kendali !..tampak kedua tangannya berkelebatan menarik-narik angkasa dengan Kuwat nan berat..napasnya terengah-engah..ia hampir kehabisan tenaga..sedetik aqu bergumam hmmm sang bandar bener-bener kesatria sedjati..ia berusaha meredam energi kuanta semesta nyang barusan dilepaskannya..namun akibat tehnik pengendalian kundaliniy nyang misi belon sempurna bisa berakibat fatal bagi si pelepas energi kuanta semesta itu sendiri !..tampak pusaran energi berputar-putar dahsyat mengelilingi arenah adu untoel..ribuan pendekar klas ecek-ecek berlarian menyelamatkan diriy..sementara ratusan pendekar nampak bersiap siaga penuh hadapi kemungkinan terburuk nyang bakal terjadi !!

    BalasHapus
  12. sang bandar tampak mulai kehabisan tenaga ! .. terlihat mulutnya menganga .. ia bener-bener takjub bin bingung...transmisi energi kuanta semesta nyang dilepaskannya kini bergulung-gulung meraksasa mengitari Pulo Djawa !..seketika Pulo Djawa gelap gulita !!...

    BalasHapus
  13. kepanikan mangkin menjadi-jadi...kini semua mata tertuju pada sang bandar !..dan sang bandar pun tampak berusaha tetap tenang...dasar watak kesatria ia tetap berdiri tegak penuh percaya diri ditengah-tengah arena...apa nyang kan terjadi?..oww..ternyata dia membalikkan badan...berdiri tegak menghadapku...tampak kedua telapak tangannya ditengadahkan sambil menunjuk-nunjuk keatas langit...ia berharap agar aku memohon pada dewa agar diberi penghiburan...mungkin maksudnya pertolongan ...tak ingin mengecewakannya aku segera mencari daun-daun Djati kering..mengumpulkannya...setelah dapet cukup banyak aqupun lalu duduk bersila.. tangan menengadah...sejurus kemudian mulai menyulut daun Djati kering dengan korek api...kemudian mengeluarkan sebongkah ketjil kemenjan djawa ...oh ya para penggemar kesatria pamingit aseli lho...ciri-ciri Satria pamingit tanah Djawa versi jaman milenial hanya ada dua...ngantongin mbako / tembakau dan wajib nggembol menyan / kemenjan...nyang terakhir iniy konon nyang Isa ngusir dhemit...
    setelah itu kemenjan kulempar pelan ketengah api...sambil mulut komat-kamit kepala kutengadahkan ke langit...memohon pada dewa di kahjangan soeralaja agar diberi penghiburan seperti nyang diharapkan sang bandar...sekilas raut muka sang bandar tampak terlihat tenang nan cerah...sedikit tersenyum kepadaqu ...padahal sumpah mati bathinqu bilang telek ngasu.

    BalasHapus
  14. sekilas terlihat penyesalan nyang dalem dari sang bandar...entah apa nyang disesalinya..mungkin ia menyesal tak pernah mau mempelajari djurus sakthi peredam djurus Tapak Budha Penghancur Semesta mengingat sang bandar iniy terlair dari kalangan bangsawan..lagak lagunya tak bisa meninggalkan sikap keningrat-ningratan qu sendiri engga Isa menyalahkan padahal djurus sakthi peredam djurus dahsyat Tapak Budha Grup hanya Isa diredam dengan djurus para pengemis shakti partai Kaypang dengan djurus Tongkat Penggebuk Anjing Kudisan level 1-7...sementara level 7-13 tak bole di ajarkan...mungkin djika sang bandar menguasai djurus-djurus Kaypang tentu engga perlu meminta bantuwanqu..

    BalasHapus
  15. tak sabar menanti penghiburan dari para dewa kini sang bandar tampak mengumpulkan daun en ranting kering..lalu duduk bersila sembari mulutnya tampak komat-kamit..tak jelas apah nyang diutjapkan (soalnya jarakna jauh seh)..kemudian tampak kedua telapak tangan sang bandar menyembah tiga kali menirukan gaya mbhelgedesqu..sejurus kemudian mulai membakar dan melemparkan sesuatu ke tengah kobaran api..tak djelas apah nyang dilemparkanna..tampak kepulan asap putih dihembus angin sepoi-sepoi ke segala arah...para pendekar nyang menyaru sebage botoh sontak latah menirukan ritual ala sang bandar...ribuwan orang tampak berpencaran..berkelompok mengumpulkan daun ranting kering..dan mulaiy membakarna...tak djelas apah nyang dibakarna ..ada nyang mbakar kain..ada nyang mbakar umbul-umbul (bendera??)...mbakar kayu..ayam..kendil..sothil..malah ada nyang mbakar cuilan roda gerobak (djaman doeloe belon ada ban tubeless bookk !!)

    BalasHapus
  16. sementara di kahjangan soeralaja para dewa kini pada ribut nan gaduh...bagaimana tidak heboh ?! kesaktian sang bandar nyata sedjadjar dengan para dewa !!...pusaran energi kuanta semesta nyang dilepaskan sang bandar lewat pukulan dahsyat Tapak Budha Mbelah Duren eh Membelah Bumiy nyang membentuk formasi naga angkasa raksasa kini berubah bentuk menjadi monyet raksasa..!!..wow..dewa-dewa nyang lagi asik ma'em biscuitpun jadi pada tersedak !!..ada nyang memerah mukana..ada nyang geram..ada nyang malah ngakak ketawa-ketiwi...ha ha ha...hi hi hi...


    (males ngetik lg...cm grtisang siii)

    BalasHapus
  17. (oh ya...kemana gerangan ayahandaku nyang tiada tampak batang wudelna di bale pasamuwan agung para dewa..??...hanya satu tjara untuk dapet melatjak keberadaanna yakni melalui gelegar tawana...dimana gerangan dia...??...oww..agaknya dia berada di samping gedong poesaka kahjangan soeralaja...terdengar gemuruh swara tawana..tubuhnya sampe berguling-guling...ia benar-benar tertawa lepas sambil -seperti biasa misuh-misuh Ra karuwan-...asu buajingaaaannn....bangsattt....anakku wasu tenannnnn....begitulah gaya kami saling memberi kejutan setelah sekian lama tak berjumpa...
    Apakah dia nyang melepas poesaka kahjangan Cis Jaludara...???...
    Apakah dia akan melepas poesaka nyang Laen...???...
    Hanya Tuhan nyang tau...)

    Selesai

    Cape deh

    BalasHapus